Tips Upload Foto Produk Anda

Written by admin on . Posted in Tutorial

Tips Upload Foto Produk Anda – Beberapa foto yang  kita ambil dari sebuah kamera, handphone, atau foto dengan hasil software editing untuk sebuah foto produk kita seringkali hasilnya memiliki ukuran pixel atau size yang besar. Untuk meng-upload sebuah foto ke website toko online kita, biasanya file dan ukurannya hanya diperbolehkan ukuran dibawah 5MB atau paling tidak mempunyai pixel 1280×768 dengan format jpg/jpeg.

Jika kita meng-upload beberapa foto ke website dan memiliki size sebagai contoh disini 4MB, tentu kita membutuhkan waktu yang sedikit lama untuk proses pengunggahannya. Disamping itu, jika koneksi internet kita kurang stabil dan memiliki bandwidth yang tidak lebih (no unlimited), berapa banyak jumlah kuota yang akan kita keluarkan untuk meng-upload foto-foto berukuran besar tersebut? Apalagi jika kita meng-uploadnya melalui handphone. Supaya tidak rugi waktu dan biaya, resize foto produk anda sebelum upload ke website.

Beberapa software converter image di internet cukup banyak, salah satunya menggunakan VSO Image Resizer. Dengan software ini kita dapat meng-kompres file image dengan sebaik mungkin. Selain itu, kita juga dapat mengubah ukuran/pixel pada foto dengan ukuran yang dapat disesuaikan pada software ini. Hasilya pun akan tetap terlihat proposional tanpa mengurangi posisi normal pada foto/gambar yang kita miliki.

Berikut tutorial cara menggunakannya :

1. Setelah anda selesai download dan melakukan instalasi, buka programnnya.

Program resizer

2. Ada 2 option yang bisa anda pilih yaitu dengan add files atau add folder

add files dan folder

3. Pada tutorial ini menggunakan add files, setelah di pilih, akan muncul halaman browse, lalu carilah lokasi foto/gambar anda disimpan. Anda juga bisa memilih/menyeleksi foto lebih dari satu, dengan cara menahan tombol Ctrl dan memilih foto anda, lalu klik open.

memilih dan seleksi foto

4. Setelah selesai, lanjutkan dengan meng-klik next

seleksi yang terpilih

5. Pada pilihan Profile, silahkan pilih ukuran yang anda inginkan, dalam tutorial ukuran 640×480 dipilih. Namun anda juga dapat memasukan nilai custom yang ada pada pilihan Resolution dan pilihlah pada px

Pilihan Profile

6. Pilihan pada option resolution

Pilihan resolusi

7. Setelah semuanya selesai sesuai dengan pilihan yang telah anda tentukan, klik Ok, maka proses untuk resizer image akan berjalan, dan kita akan mendapatkan informasi yang berupa space penghematan file setelah melakukan resizer.

Proses resizer

8. Hasil penghematan ruang setelah melakukan resizer

Hasil proses resizer

Dengan melakukan resizer pada file image anda, tentunya proses untuk pengunggahan foto/gambar ke dalam website akan lebih memakan waktu yang lebih singkat (tetapi juga tergantung pada koneksi internet anda). Dan untuk melihat/preview foto anda yang sudah di upload, waktu loadingnya akan lebih singkat, sehingga dapat dikatakan tips ini adalah salah satu bagian agar toko online anda ramai pengunjung.

Semoga artikel ini cukup membantu anda.

Trackback from your site.

About Us

About UsWebsiteUnik.com merupakan jasa toko online yang berdiri sejak tahun 2009 dan diresmikan pada 25 Juli 2010 di Yogyakarta. Di saat teknologi internet dan penggunanya semakin berkembang, ada banyak perusahaan yang ingin memasarkan maupun mengenalkan produknya di dunia internet, namun sebagian kesulitan bagaimana memperluas produknya di dunia maya tersebut, karena rata-rata target konsumennya hanya sebatas lingkungan baik itu di keluarga, saudara, maupun teman kerabat. Read more

On Facebook